Gerakan Kemanusiaan Untuk Palu-Donggala

Opini  SABTU, 06 OKTOBER 2018 , 09:54:00 WIB | OLEH: JAYA SUPRANA

Gerakan Kemanusiaan Untuk Palu-Donggala

Jaya Suprana/Net

RMOLPapua. MENGHARUKAN, menyaksikan para warga Indonesia dengan segenap kelebihan serta keterbatasan kemampuan masing-masing berupaya membantu meringankan beban derita sesama warga Indonesia yang menjadi korban bencana gempa Palu-Donggala.

Kemanusiaan

Laskar kemanusiaan Ciliwung Merdeka berangkat ke pantai barat Donggala langsung terjun ke medan bencana demi berupaya menolong para korban termasuk menggali puing-puing reruntuhan bangunan maupun tumpukan tanah akibat gempa dan tsunami lebih dari tujuh skala richter demi menemukan, merawat kemudian memakamkan ratusan jenasah korban gempa dengan peralatan yang sangat amat sederhana termasuk tangan dan kaki masing-masing.

Dukungan

Direktur MURI, Aylawati Sarwono beserta teman-teman jejaring whatsapp kemanusiaan berupaya menghimpun dana dan kursi roda yang dibutuhkan laskar kemanusiaan Ciliwung Merdeka untuk menolong para korban yang kehilangan kemampuan berjalan kaki.

Aktivis kemanusiaan Maria Ninis didukung OMK (Orang Muda Katolik) dan Bank Dinar menyelenggarakan konser amal pergelaran orkestra pimpinan Philipus Yudistiro beserta Chelsea Islan, Teuku Ryzki, Tya Subiakto, para pemusik Naga Swara, Jaya Suprana School of Performing Arts, Ciliwung Merdeka dll di Unity Stage Mal Summarecon Serpong mendukung ikhtiar Aylawati Sarwono dan kawan-kawan menghimpun dana kemanusiaan demi mendukung upaya laskar kemanusiaan Ciliwung Merdeka menolong para korban gempa Sulawesi Tengah.

Medis

Siloam Hospitals Group ikut berkontribusi dalam gerakan kemanusiaan Palu-Donggala dengan mengirimkan tim medis dari Siloam area Jabodetabek (Lippo Village, Purwakarta, Lippo Cikarang dan RS Umum Siloam) dan obat-obatan yang dibutuhkan di daerah bencana.

Tim medis yang ditugaskan ke Palu-Donggala terdiri para perawat kamar operasi, emergency room dan intensive dan juga beberapa apoteker. Selain obat-obatan juga dikirimkan beberapa peralatan medis untuk kamar operasi dan emergency department.

Rumah Sakit Siloam Balikpapan, RS Siloam Makassar dan RS Siloam Surabaya melaksanakan medical evacuation dari Palu ke beberapa Rumah Sakit Siloam tersebut.

Terima Kasih

Mohon dimaafkan bahwa pasti masih banyak pihak pelaku gerakan kemanusiaan warga Indonesia yang tidak sanggup saya sebut satu per satu di dalam naskah sederhana yang dimuat atas budi baik Kantor Berita Politik RMOL ini.

Kepada segenap warga Indonesia yang telah melakukan gerakan kemanusiaan untuk meringankan beban derita para korban gempa Sulawesi Tengah, saya persembahkan ungkapan rasa terima kasih, penghargaan dan penghormatan tak terhingga. Anda semua membuat saya merasa bahagia dan bangga menjadi warga bangsa Indonesia. Merdeka!. [***]

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Komentar Pembaca
Kualatisme Ken Arok

Kualatisme Ken Arok

SENIN, 11 MARET 2019

Hati Baru

Hati Baru

RABU, 06 MARET 2019

Korut Dan AS Di Vietnam

Korut Dan AS Di Vietnam

JUM'AT, 01 MARET 2019

Dampak Buruk Niat Baik

Dampak Buruk Niat Baik

SENIN, 18 FEBRUARI 2019

90 KM

90 KM

KAMIS, 14 FEBRUARI 2019

Menanggulangi Wabah Kebencian Jenis Baru
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Doa Bersama Di 212 Award

Doa Bersama Di 212 Award

SABTU, 05 JANUARI 2019 , 11:50:00

60 Tahun Revolusi Kuba

60 Tahun Revolusi Kuba

SABTU, 12 JANUARI 2019 , 12:07:00

KPK Tidak Takut

KPK Tidak Takut

KAMIS, 10 JANUARI 2019 , 06:45:00