Mahfud MD: Birokrasi Dikooptasi Oleh Kekuatan Politik

Politik  RABU, 23 JANUARI 2019 , 11:41:00 WIB

Mahfud MD: Birokrasi Dikooptasi Oleh Kekuatan Politik

Mahfud MD/RMOL

RMOL. Pembenahan birokrasi untuk mewujudkan penegakan hukum adalah keharusan. Seharusnya polemik tersebut menjadi hal serius diperdebatkan oleh dua pasangan calon pada debat pilpres.

Demikian disampaikan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD dalam diskusi "Menakar Komitmen Capres/Cawapres Terhadap Penegakan Hukum dan Pemberantasan Korupsi" di Auditorium Centre For Strategic And International Studies (CSIS), Jakarta, Selasa (22/1).

"Yang lebih buruk dalam penegakan hukum itu adalah pelaksanaan aturan yang tidak masuk ke peradilan. Apa? Yaitu busuknya birokrasi. Birokrasi kita itu bisa dijualbelikan kok," kata Mahfud.

Kemarin-kemarin banyak yang menilai kasus korupsi tidak banyak dialami oleh kementerian, namun kini birokrasi-birokrasinya dikuasai oleh kekuatan politik.

"Dulu yang banyak uang ada di kementerian-kementerian tertentu seperti keuangan dan segala macam. Sekarang Kementerian Agama, sosial, pertanian dan segala macam sudah diperdagangkan itu di birokrasi, birokrasi dikooptasi oleh kekuatan politik," tutur dia.

"Apa yang dijanjikan untuk menyelesaikan ini dari dua pasangan calon presiden ini? Enggak ada. Padahal di situ masalahnya yang besar," tambah Mahfud. [RMOL]

Komentar Pembaca
Bahas Kinerja KY

Bahas Kinerja KY

KAMIS, 22 MARET 2018 , 11:26:00

SD Islam Raudhah Juarai Lomba Siap-siap Aku Bisa
Menilik Calon Poros Ketiga

Menilik Calon Poros Ketiga

JUM'AT, 23 MARET 2018 , 15:58:00