Peringati 40 Tahun Revolusi Islam, Ratusan Ribu Warga Iran Turun Ke Jalan

Internasional  SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 09:47:00 WIB

Peringati 40 Tahun Revolusi Islam, Ratusan Ribu Warga Iran Turun Ke Jalan

Peringatan 40 tahun revolusi Islam/Net

RMOLPapua. Ratusan ribu warga Iran turun ke jalanan hari ini (Senin, 11/2), beberapa di antara membakar bendera Amerika Serikat, untuk menandai peringatan 40 tahun kemenangan Ayatollah Ruhollah Khomeini yang menggulingkan Shah Mohammad Reza Pahlavi dalam Revolusi Islam.
 
Pada 11 Februari 1979, tentara Iran menyatakan netralitasnya, membuka jalan bagi jatuhnya Shah Mohammad Reza Pahlavi, sekutu terdekat Amerika Serikat di Timur Tengah.
 
TV pemerintah memperlihatkan kerumunan orang menentang cuaca hujan yang dingin dan membawa bendera Iran sambil meneriakkan "Kematian bagi Israel, Kematian bagi Amerika" serta slogan revolusi yang menggulingkan sekutu terpenting Amerika Serikat di Timur Tengah.
 
"Sangat mencemaskan Amerika, revolusi telah mencapai tahun ke-40," tulis salah satu spanduk.
 
TV pemerintah memperlihatkan kartun Shah dilemparkan ke "tempat sampah sejarah", mengenakan pakaian dalam warna khas Amerika Serikat dan memegang surat kabar Iran yang bertajuk "Shah telah pergi!".
 
Presiden Iran Hassan Rouhani, seperti dimuat Reuters, mengatakan bahwa hari ini, Amerika Serikat dan sekutunya di Arab sedang mencoba untuk melawan pengaruh Teheran yang tumbuh di Timur Tengah, di mana ia memiliki proksi di Irak, Suriah, Libanon dan Yaman.
 
"Dunia melihat ketika Iran memutuskan untuk membantu orang-orang Suriah, Irak, Lebanon, Palestina dan Yaman, mereka meraih kemenangan. Musuh sekarang mengakui kekalahan mereka," kata Rouhani. [RMOL]

Komentar Pembaca