Usai Bertemu Jokowi, Eks karyawan Freeport Diangkut Ke Polda Metro

Politik  KAMIS, 14 FEBRUARI 2019 , 12:03:00 WIB

Usai Bertemu Jokowi, Eks karyawan Freeport Diangkut Ke Polda Metro

Harry Kurniawan melobi eks karyawan Freeport/RMOL

RMOLPapua. Puluhan mantan karyawan PT Freeport Indonesia akhirnya ditertibkan Polres Jakarta Pusat dari Taman Pandang Istana, Jakarta, Rabu (13/2) malam.

Penertiban dilakukan setelah mereka bermalam hingga sembilan hari taman yang berada tepat di seberang istana.

Negosiasi berlangsung alot. Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan sempat mendatangi tenda demonstran. Dia melobi para pegawai untuk segera membubarkan diri.

Hal itu lantaran demonstran telah menyampaikan secara langsung tuntutannya kepada Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada siang hari. Jokowi sudah berjanji akan menindaklanjuti tuntutan karyawan yang mengaku di-PHK sepihak oleh Freeport.  

Kami imbau setelah diterima Bapak Presiden. Hasilnya silakan secara teknis ditunggu (di rumah). Kami dari kepolisian hanya melakukan tindakan bahwa ada aturan di UU, laksanakan aksi dibatasi pada pukul 18.00,” terang Harry memberi tenggat aksi ke demonstran.

Hingga batas yang ditentukan, massa yang mayoritas berasal dari Papua tidak beranjak. Mereka masih menduduki tenda tempat mereka menginap.

Akhirnya, tepat pada pukul 21.45 atau setelah batas toleransi berakhir, jajaran Polres Jakpus melakukan tindakan. Demonstran diangkut dalam sebuah bus dan dibawa ke Polda Metro Jaya.

"Kita sudah berikan batas toleransi pada 21.45 WIB dan kami laksanakan tindakan tegas angkat mereka dibawa ke Polda," tambah mantan Kapolres Tangerang Kota.

Di Polda Metro Jaya, kata Harry, eks karyawan Freeport akan bermalam satu hari. [RMOL]


Komentar Pembaca
Bahas Kinerja KY

Bahas Kinerja KY

KAMIS, 22 MARET 2018 , 11:26:00

SD Islam Raudhah Juarai Lomba Siap-siap Aku Bisa
Menilik Calon Poros Ketiga

Menilik Calon Poros Ketiga

JUM'AT, 23 MARET 2018 , 15:58:00