Kemendiknas Gelar Bimtek Pengawasan Kearsipan

Pendidikan  SELASA, 26 MARET 2019 , 14:20:00 WIB

Kemendiknas Gelar Bimtek Pengawasan Kearsipan

Kegiatan Bimtek pengawasan kearsipan/Ist

RMOLPapua. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) mengadakan Bimbingan Teknis Pengawasan Internal Kearsipan di Hotel Mirah Bogor tanggal 25"27 Maret 2019.

Kegiatan Bimtek ini dalam rangka mempersiapkan diri guna menghadapi pengawasan eksternal kearsipan Kementerian  yang akan dilaksanakan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Kegiatan ini bertujuan memberi pembekalan kepada para calon pengawas kearsipan,” terang Kepala Bagian Rumah Tangga dan Kearsipan yang mewakili Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kemendikbud saat membuka kegiatan tersebut.

Bimtek diikuti oleh 40 perwakilan unit utama kemendikbud dan menghadirkan 3 orang Auditor dari Inspektorat Jenderal serta 2 orang narasumber dari ANRI yakni Kepala Pusat Akreditasi Kearsipan Rudi Anton dan  Arsiparis Pertama ANRI Derry Septiani.

Faktor pendukung keberhasilan di dalam pengelolaan kearsipan adalah komitmen pimpinan dan konsistensi pelaksana,” terang  Rudy Anton selaku Kepala Pusat Akreditasi Kearsipan ANRI.

Ia menambahkan, mengelola arsip bukan tanggung jawab unit kearsipan semata akan tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak yang terlibat di dalam manajemen organisasi.

Arsip merupakan bukti hukum dan bukti sejarah perjalanan Kemendikbud yang harus dijaga dan dilestarikan,” tegas Rudi. []


Komentar Pembaca