Menhan Beberkan Kelompok Pemberontak Di Papua, Ada Yang Terafiliasi ISIS

Politik  JUM'AT, 06 SEPTEMBER 2019 , 11:54:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Menhan Beberkan Kelompok Pemberontak Di Papua, Ada Yang Terafiliasi ISIS

Ryamizard Ryacudu/Net

RMOLPapua. Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu menyebut kerusuhan di Papua dan Papua Barat terindikasi kuat ditunggangi kelompok separatisme yang bertujuan untuk memisahkan diri dari NKRI.

Ryamizard kemudian menyinggung terkait penggunaan istilah kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang kerap berulah di wilayah Papua.

Menurutnya, istilah KKB tidak tepat. Sebab, yang sebenarnya ada adalah kelompok pemberontak bersenjata yang memiliki tujuan sama dengan kelompok separatisme.

Terkait catatan kejadian-kejadian di Papua, mantan Kepala Staf Angkatan Darat ini menyebutkan ada tiga kelompok yang terlibat di dalamnya.

"Perlu kami jelaskan kelompok di Papua ini ada tiga kelompok, yaitu kelompok pemberontak bersenjata, kelompok pemberontak politik, dan kelompok pemberontak klandestin," ujar Ryamizard di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9).

Bahkan secara gamblang ia mengungkapkan ada kelompok lain yang terafiliasi dengan Islamic State of Iraq and Syria atau ISIS.

"Sebagai catatan, terdapat kelompok lain yang berafiliasi dengan ISIS telah menyerukan jihad di tanah Papua," ungkapnya.

Lebih parahnya lagi, kata dia, tiga kelompok pemberontak yang memiliki tujuan sama untuk memisahkan diri dari NKRI itu kini telah bersatu membentuk kekuatan baru.

"Kelompok pemberontak Papua merdeka saat ini telah membentuk tentara baru, yaitu West Papua Army yang merupakan gabungan tiga kelompok itu," tegasnya seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL. [fak]


Komentar Pembaca
Bahas Kinerja KY

Bahas Kinerja KY

KAMIS, 22 MARET 2018 , 11:26:00

SD Islam Raudhah Juarai Lomba Siap-siap Aku Bisa
Menilik Calon Poros Ketiga

Menilik Calon Poros Ketiga

JUM'AT, 23 MARET 2018 , 15:58:00