Fadli Zon Minta Jokowi Tidak Omong Kosong Tangani Papua

Politik  RABU, 11 SEPTEMBER 2019 , 17:21:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Fadli Zon Minta Jokowi Tidak Omong Kosong Tangani Papua

Fadli Zon/Net

RMOLPapua. Kaukus anggota DPR untuk Papua menggelar rapat dan serap aspirasi dengan tokoh masyarakat Papua dan Papua Barat membahas penerapan otonomi khusus (otsus) di Bumi Cendrawasih.

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon di ruang delegasi Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9).

"Kami menyelengarakan suatu rapat, tim pemantau otsus Papua bersama rekan-rekan dari kaukus DPR untuk Papua. Yaitu Pak Robert Kardinal, Pak Jimmy Demianus, dan kawan-kawan lain dari Papua dan Papua Barat," ujar Fadli usai pertemuan.

Pertemuan itu, dikatakan Fadli, turut membahas soal beberapa kejadian terkini di Papua yang dikesankan sudah sangat memamanas.

Bagi Fadli, Presiden Joko Widodo perlu melakukan pembicaraan menyeluruh bersama masyarakat adat Papua yang dalam catatannya ada 7 wilayah adat dengan 280 suku.

"Itu mungkin bisa bermusyawarah siapa tokoh-tokohnya yang bisa bicara dan diharapkan ada intervensi kebijakan yang tepat di sana. Melalui suatu proses dialogis, Presiden perlu bicara dengan orang-orang yang tepat dan mungkin kehadiran di sana diperlukan," jelasnya.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menegaskan, untuk menghindari cara lama dalam mengayomi masyarakat Papua,  khususnya, cara-cara seremonial dan lips service atau omong kosong.

"Garis besarnya adalah sekarang bagaimana mengembalikan agar damai dan tidak ada lagi korban atau insiden-insiden baru," tukasnya. [fak]

Komentar Pembaca